<
Cara Melaksanakan pembelajaran Koperatif
Pembelajaran yang dilakukan dikelas terutama pada siswa pada sekolah tertentu seperti Sekolah Dasar,Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Tingkat Atas. Ada banyak jenis pembelajaran yang ada seperti pembelajaran individu ,maksudnya peroses pembelajaran dilakukan oleh setiap individu,pribadi masing masing. sehingga orang berusaha untuk memahami isi pelajaran secara sendiri sendiri.melakukan pekerjaan sendiri,memahami pelajaran secara individu.dan sering terjadinya rasa persaingan yang ketat antara kemampuan seorang dengan lainnya.akibatnya terjadilah ranking atau urutan kemampuan siswa satu sama lain. memaqng ada baik, yaitu adanya kompetisi sehingga seseorang berusaha untuk melampaui teman kompetitor lain. adanya persaingan,
Pembelajaran individu atau juga sering disebut pembelajaran perorangan ini adalah pembelajaran yang terbaik pada abad sembilan belas ( 19 ) dan juga disebut dengan one way teaching.or direction teaching.
Seiring dengan kemajuan zaman yaitu abad 21,pembelajaran one way teaching tidang layak dipakai atau dipergunakan,karena semestinya suatu kemajuan harus diidapatn secara bersama sama.yang berbeda adalah jenis keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu.jadi menghargaai adanya perbedaan kebutuhan dan keinginan sesuai dengan kompetensi dan keinginann masing masing.
Koperatif (CL, Cooperative Learning).
Pembelajaran koperatif sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembegian tugas, dan rasa senasib.
Dengan memanfaatkan kenyatan itu, belajar berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih berinteraksi-komunikasi-sosialisasi karena koperatif adalah miniature dari hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Jadi model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksu konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi…..
Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga dapat menanmbah gairah guru dalam mengajar dan memahami strategi mengajar yang efektif di sekolah masing masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar