Setiap guru masuk ke
dalam kelas, maka pada saat itu pula ia menghadapi dua masalah pokok, yaitu
masalah pengajaran dan masalah manajemen. Masalah pengajaran adalah usaha
membantu anak didik dalam mencapai tujuan khusus pengajaran secara langsung,
misalnya membuat satuan pembelajaran, penyajian informasi, mengajukan pertanyaan,
evaluasi, dan masih banyak lagi. Sedangkan masalah manajemen adalah usaha untuk
menciptakan dan mempertahankan kondisi sedemikian rupa sehingga proses belajar
mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Misalnya, memberi
penguat, mengembangkan hubungan guru – anak didik, membuat aturan kelompok yang
produktif. Kadang-kadang sukar untuk dapat membedakan mana masalah pengajaran
dan mana masalah manajemen. Masalah pengajaran harus diatasi dengan cara pengajaran,
dan masalah pengelola kelas dibatasi dengan cara pengelolaan. Pengelola kelas
adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang
optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar
mengajar. Yang termasuk ke dalam hal ini misalnya adalah, penghentian tingkah
laku anak didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian hadiah bagi
ketepatan waktu penyelesaian tugas oleh siswa, atau penetapan norma kelompok
yang produktif.Sebaliknya masalah
pengelolaan berkaitan dengan usaha untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi
sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif
dan efisien demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan demikian pengelolaan
kelas yang efektif adalah syarat bagi pengajaran yang efektif.Di kelas, segala aspek
pendidikan pengajaran bertemu dan berproses. Guru dengan segala kemampuannya,
siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya, kurikulum
dengan segala komponennya, dan materi serta sumber pelajaran dengan pokok
bahasannya bertemu dan berpadu dan berinteraksi di kelas. Bahkan hasil dari
pendidikan dan pengajaran sangat ditentukan oleh apa yang terjadi di kelas.
Oleh sebab itu sudah selayaknya kelas dikelola dengan baik, professional, dan
berlangsung terus-menerus.Djamaroh menyebutkan
“masalah yang dihadapi guru, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah
pengelolaan kelas. Hal tersebut dikarenakan bahwa dalam sutu kelas para siswa
adalah merupakan makhluk social yang mempunyai latar belakang yang berbeda.
Perbedaan tersebut dapat dilihat dari aspek kecerdasan, psikologis, biologis.
Ketiga aspek dan tingkah laku anak didik di sekolah.Berangkat dari
permasalahan diatas, penulis mengangkat masalah mengenai pengelolaan kelas
dalam pembelajaran agar guru mengetahui dan memahami tentang pentingnya
pengelolaan kelas yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.PEMBAHASANA.
Pengertian
dan Tujuan Pengelolaan Kelas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Entri yang Diunggulkan
Contoh laporan Penelitian Tindakan Kelas
!-- Bahan pelajaran --> BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Semua guru atau siswa pasti selalu men...
-
Cara membentuk Pendidikan Karakter Anak Pada masa awal masa anak anak yaitu pada umur nol sampai dengan lima tahun adalah masa ke...
-
A. PENDAHULUAN Anda sebagi guru tingkat dasar (SD/MI, SMP/MTs), tentunya mengetahui bahwa kemampuan peserta didik be...
-
!-- Media Belajar --> Setiap guru masuk ke dalam kelas, maka pada saat itu pula ia menghadapi dua masalah pokok, ya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar